Kumpulan Source Code Gratis Click Here!

Contoh Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Essay (Part-3)

Bagian ketiga contoh soal essay bahasa Indonesia beserta jawabannya ini, merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya, yaitu: contoh soal dan jawaban bahasa Indonesia kelas X semester 2 essay (part-2). Pada bagian ke-3 ini, berisikan materi yang sama dengan PG bagian ketiga, yaitu tentang menuliskan gagasan dalam bentuk paragraf argumentatif, mendengarkan cerita rakyat, dan mendiskusikan isi puisi.

Oke, materi essay dan jawabannya, dimulai dari soal no. 26 sampai dengan 40.

26. Paragraf yang isinya dimaksudkan untuk memengaruhi pembaca agar menerima ide atau pernyataan yang dikemukakan berdasarkan pertimbangan logis disebut paragraf….
Jawaban: paragraf persuasif

27. Dalam paragraf argumentatif, agar pembaca yakin terhadap hal yang dikemukakan, maka dalam penulisan perlu diberikan….
Jawaban: alasan dan bukti.

28. Dalam paragraf deduktif, kalimat topik berupa…
Jawaban: pernyataan umum

29. Paragraf yang disusun dengan menampilkan ide-ide khusus pada awal paragraf, kemudian disimpulkan dengan ide yang bersifat umum pada akhir paragraf disebut paragraf….
Jawaban: paragraf induktif

30. Dalam paragraf deduktif, ide-ide yang telah dirumuskan dalam kalimat diatur dengan ide yang bersifat umum dan diletakkan pada….
Jawaban: bagian awal

31. Nilai yang terkandung dalam cerita rakyat salah satunya yaitu nilai moral. Pesan moral tersebut dapat diketahui dari….
Jawaban: pelaku tokoh-tokohnya

32. Nilai estetika atau keindahan yaitu aspek-aspek keindahan yang melekat pada karya sastra. Nilai keindahan itu dapat diamati melalui pilihan…..
Jawaban: gaya bahasanya

33. Cerita yang mempunyai latar belakang sejarah, dipercaya masyarakat sebagai cerita yang benar-benar terjadi, dianggap suci, banyak mengandung hal-hal ajaib, dan umumnya ditokohi oleh dewa disebut….
Jawaban: Mite

34. Gambaran angan dari tangkapan alat indra yang diungkapkan oleh penyair disebut…
Jawaban: pencitraan

35. Kegiatan mengubah puisi menjadi prosa dinamakan….
Jawaban: parafrasa

36. Jelaskan perbedaan antara paragraf argumentatif pola deduktif dan paragraf argumentatif pola induktif!
Jawaban: dalam paragraf deduktif, ide-ide yang telah dirumuskan dalam kalimat diatur dengan ide yang bersifat umum (premis mayor). Ide-ide tersebut diletakkan pada bagian awal dan diikuti dengan ide yang bersifat lebih khusus. Penataan ini dapat direalisasikan dengan menampilkan kalimat topik (yang berupa pernyataan) lebih dahulu pada awal paragraf, kemudian dilanjutkan dengan kalimat penjelas.

Sedangkan paragraf induktif, penataan ini diperoleh dengan cara menyusun ide-ide khusus dan diikuti dengan ide yang umum. Ide-ide khusus ditampilkan pada bagian awal paragraf, kemudian disimpulkan dengan ide yang lebih umum. Ide yang lebih umum itu biasanya berupa kalimat simpulan dan diikuti oleh suatu pernyataan pembenaran.

37. Jelaskan perbedaan jenis cerita rakyat Sage dan Legenda! Dan berikan masing-masing contohnya!
Jawaban: Sage adalah cerita yang berdasarkan peristiwa sejarah yang bercampur fantasi rakyat. Contoh: Ciung, Wanara, Lutung Kasarung.
Sedangkan Legenda adalah cerita rakyat yang berisikan tentang asal mula terjadinya suatu gempat, gunung, dan sebagainya. Contoh: Sangkuriang dan Malin Kundang.

38. Jelaskan yang dimaksud dengan nilai moral, nilai estetika, dan nilai budaya yang terdapat dalam cerita
rakyat!
Jawaban:
a. Nilai moral, yaitu pesan moral. Pesan moral dapat diketahui dari perilaku tokoh-tokohnya
b. Nilai estetika/keindahan, yaitu aspek-aspek keindahan yang melekat pada karya sastra itu. Dalam cerita rakyat ini dapat diamati pada pilihan gaya bahasanya.
c. Nilai sosial budaya, yaitu suatu karya sastra akan mencerminkan aspek sosial budaya suatu daerah tertentu, misalnya settingnya, tokohnya (baik aspek fisik maupun psikologis), atau seni budaya, dan sebagainya.

39. Jelaskan perbedaan antara karya sastra puisi dengan prosa!
Jawaban: puisi adalah jenis karangan yang dalam penyajiannya sangat mengutamakan gaya bahasa. Sedangkan prosa adalah karangan bebas/tidak terikat oleh aturan tertentu.

40. Jelaskan perbedaan jenis cerita rakyat Mite dan Fabel! Dan berikan masing-masing contohnya!
Jawaban:
Mite adalah cerita yang mempunyai latar belakang sejarah, dipercaya masyarakat, sebagai cerita yang benar-benar terjadi, dianggap suci, banyak mengandung hal-hal yang ajaib, dan umumnya ditokohi oleh dewa. Contoh: Nyi Roro Kidul dan Dewi Sri. Sedangkan Fabel adalah cerita yang menggambarkan watak manusia yang pelakunya diperankan oleh binatang. Contoh: Si Kancil dengan Buaya.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.