Bingung cara unduh / download ? Lihat Panduan

Cara Instal Banyak XAMPP di Satu Komputer

Pengetian

XAMPP adalah software web server lokal untuk membangun website, aplikasi, hingga database secara offline. Lho, kok offline? Sebagian orang cenderung membuat website secara offline di komputer. Tujuannya,  untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Baru kemudian mengupload website, aplikasi, atau database itu ke server.

XAMPP adalah software gratisan dan open source, serta dapat diinstall di berbagai platform, seperti Windows, Linux, maupun OS X. XAMPP adalah sebuah web server full package atau standalone, yang mana dapat berdiri sendiri. Alasannya, di dalam aplikasi XAMPP terdapat puluhan paket modul, bahasa pemrograman, hingga komponen lain. Hal ini akan dibahas lebih lengkap di bagian fitur-fitur XAMPP.

Berkat adanya XAMPP, Anda tidak perlu menginstall terlalu banyak modul atau komponen terpisah di komputer. Sehingga secara signifikan, proses merancang, menulis, hingga testing website dapat berlangsung lebih mudah.

Bicara komponen, kepanjangan XAMPP terdiri dari singkatan lima komponen utama, yaitu:

  • X – Cross Platform. X adalah kepanjangan XAMPP yang artinya Cross. Hal itu sebagai penanda bahwa XAMPP adalah aplikasi Cross Platform yang kompatibel dengan berbagai jenis OS.
  • A – Apache. Apache adalah web server default yang dipakai XAMPP. Web server adalah software untuk mengatur proses transfer data antara website dan pengunjung. Selain itu, Apache juga bertugas sebagai distributor untuk fitur atau komponen-komponen lain.
  • M – MariaDB. MariaDB adalah software DBMS default milik XAMPP. DBMS adalah software untuk mengelola database beserta data di dalamnya. MariaDB  menggantikan software DBMS sebelumnya, MySQL sejak XAMPP versi 5.5.30 dan 5.6.14.
  • P – PHP. PHP adalah bahasa pemrograman untuk membangun website atau web app dari sisi back end.
  • P – Perl. Kepanjangan XAMPP yang terakhir yaitu Perl. Perl adalah contoh bahasa pemrograman untuk keperluan yang lebih kompleks. Misalnya pembuatan aplikasi GUI, pemrograman jaringan, dan banyak lagi.

Kegunaan

XAMPP memiliki beberapa kegunaan utama, seperti:

1. Mengelola Database MySQL dengan phpMyAdmin

MySQL adalah salah satu software database relasional yang masih populer. Meski posisinya di XAMPP telah digantikan oleh MariaDB, tapi sebenarnya Anda masih bisa membuat database di MySQL lewat bantuan phpMyAdmin.

Nah, phpMyAdmin adalah aplikasi berbasis web untuk mengelola database MySQL. Di XAMPP, Anda bisa membuat, mengedit, menghapus database, sampai membuat user administrator di phpMyAdmin tanpa perlu koneksi internet sama sekali.

Jangan khawatir, tampilan phpMyAdmin di sini sama persis dengan versi onlinenya di layanan hosting. Jadi Anda yang belum punya hosting, atau baru berniat belajar tentang database bisa mencobanya terlebih dahulu di software XAMPP ini.


2. Menjalankan Script PHP, Laravel, dan CodeIgniter

Fungsi XAMPP berikutnya adalah untuk menjalankan script yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP. PHP banyak dipakai untuk membangun website, khususnya di sisi backend untuk menangani logika dan proses transfer data website.

Nah, XAMPP bisa menjalankan semua script PHP dengan lancar. Baik itu script PHP murni alias native, ataupun script yang berasal dari framework PHP, seperti Laravel atau CodeIgniter.

Memang, Anda tetap bisa menjalankan script PHP secara offline tanpa XAMPP. Namun Anda perlu ingat bahwa hampir semua website butuh database. Makanya Anda perlu menginstall XAMPP untuk membuat database, lalu membuat koneksi database PHP ke MySQL.

Sama seperti poin sebelumnya, kami sangat merekomendasikan XAMPP untuk Anda yang ingin belajar membuat website dengan PHP. Kebetulan, kami pernah membuat panduan membuat website di Localhost XAMPP untuk Anda praktikkan.

3. Menginstall WordPress secara Offline

Fungsi XAMPP yang tak kalah penting lainnya adalah untuk menginstall WordPress. Anda tidak salah baca, karena WordPress memang bisa dijalankan di komputer tanpa koneksi internet lewat bantuan XAMPP.

Install WordPress secara offline ini punya beberapa manfaat. Selain untuk keperluan belajar, ia juga membantu Anda dalam membuat plugin atau tema custom, membuat staging WordPress, sampai melakukan debugging atau maintenance website.

Intinya dengan XAMPP, Anda bisa mengotak-atik WordPress sepuasnya tanpa perlu khawatir website yang asli jadi error atau tidak dapat diakses. 

Tips Install

Cara Instal Banyak XAMPP di Satu Komputer itu ada beberapa trik yang bisa kita gunakan dianataranya adalah sebagai berikut

Trik Pertama

  • Instal xampp seperti bisa 
  • Kemudian setelah beres silahkan rubah/rename folder xampp dengan ditambahkan inisial, misalkan xampp56
  • Selanjutnya silahkan instal XAMPP versi selanjutnya tentu dengan metode yang sama seperti diatas.

Trik Kedua

  • Gunkan XAMPP Portable
  • Tinggal Extract dan rubah nama folder ditambah dengan inisial
  • Lakukan dengan XAMPP yang lainnya