Bingung cara unduh / download ? Lihat Panduan

Cara Menjalankan Project Laravel Offline di Localhost

Apa Itu Laravel?

Laravel merupakan framework yang dapat membantu web developer dalam memaksimalkan penggunaan PHP dalam proses pengembangan website. Seperti diketahui, PHP sendiri merupakan bahasa pemograman yang cukup dinamis. Dimana kehadiran Laravel kemudian membuat PHP menjadi lebih powerful, cepat, aman, dan simple. Terlebih lagi, framework ini selalu memunculkan teknologi terbarunya di antara framework PHP lain.

Framework ini mengikuti struktur MVC atau Model View Controller. Dimana MVC adalah metode aplikasi yang memisahkan data dari tampilan berdasarkan komponen-komponen aplikasi, seperti manipulasi data, controller, dan user interface. Penggunaan struktur MVC ini membuat Laravel mudah untuk dipelajari dan mampu mempercepat proses pembuatan prototipe aplikasi web. Sebagaimana ia juga menyediakan fitur bawaan seperti otentikasi, mail, perutean, sesi, dan daftar berjalan.

Laravel juga lebih berfokus pada end-user, yang artinya hanya berfokus pada kejelasan dan kesederhanaan, baik dari penulisan hingga tampilan. Ia pun bisa menghasilkan fungsional aplikasi web yang berjalan dengan semestinya. Hal seperti inilah yang membuat banyak perusahaan dan developer menggunakan Laravel untuk membangun apapun, mulai dari proyek kecil hingga proyek besar.


Manfaat Laravel

Laravel menawarkan beberapa keuntungan ketika Anda mengembangkan website atau blog laravel menggunakan dasar framework ini:

  • Website menjadi lebih scalable (mudah dikembangkan).
  • Terdapat namespace dan tampilan yang membantu Anda untuk mengorganisir dan mengatur sumber daya website. 
  • Proses pengembangan menjadi lebih cepat sehingga menghemat waktu karena Laravel dapat dikombinasikan dengan beberapa komponen dari framework lain untuk mengembangkan website.
Sesudah kita tahu apa itu laravel dan manfaatnya, nah disini selanjutnya saya akan memberikan tutorial bagaimana cara instal project laravel di localhost. namun sbeleum itu ada beberapa tools yang harus anda instal terlebih dahulu diantaranya adalah sebagai berikut :
Setelah semua tools tersebut anda instal di PC atau laptop anda, maka silahkan ikuti langkah langkah, Cara Instal atau Menjalankan Project Laravel Offline di Localhost.

Langkah-langkah

1. Silahkan klik buka XAMPP Control Panel dan Jalankan Apache dan MySql
2. Extract Source Code Project Laravel anda pada folder htdocs pada XAMPP anda
3. Buka Visual Code Editor, klik menu File dan pilih Open Folder... 


4. Silahkan masukan folder project laravel anda yang tadi anda simpan pada htdocs

5. Selanjutnya pada Visual Code Editor anda, klik menu Terminal pilih New Terminal Ketikan perintah di bawah ini :
Composer install

Composr update


6. Selanjutnya silahkan buatlah file .env baru (environment) dengan cara tulis perintah .cp .env.example .env  pada terminal di Visual Studio Code
7. Buka file .env yang telah anda buat kemudian isikan nama database yang akan dibuat 
8. Masih pada file .env buatlah key code untuk APP_KEY: dengan cara tuliskan perintah berikut pada terminal Visual Studio Code : php artisan key:generate
9. Langkah selanjutnya buatalah database pada phpmyadmin, sesuaikan nama database yang telah anda buat pada file .env (harus sama)
10. Kembali pada terminal di Visual Studio Code, kita akan lakukan import database dengan cara ketikan perintah berikut : php artisan migrate --seed maka secara otomatis database akan termigrasi ke database yang ada di phpmyadmin
11. Setelah beres migrasi maka tinggal jalankan project laravel anda dengan cara ketikan perintah berikut pada Terminal Visual Studio Code anda : php artisan serve kemdian buka url berikut pada browser anda http://127.0.0.1:8000
12. Selesai dan silahkan operasikan project anda


Nah itulah tips Cara Menjalankan Project Laravel Offline di Localhost, semoga artikel yang sudah saya buat ini bermanfaat bagi anda semuanya. Terimakasih!!!