Cara mengetahui type hashing pada project web

Cara mengetahui type hashing pada project web

Hashing

Hashing adalah proses untuk mengubah suatu data menjadi data lain yang memiliki ukuran tertentu. Adapun konsep dasar hashing, yaitu dengan mengambil data input apa saja, baik dalam jumlah besar maupun ukuran yang lebih kecil, lalu mengkalkulasikan hash value sebagai representasi numerik tetap dari data itu. 

Diketahui, hash value dihasilkan dengan mengaplikasikan fungsi hash tertentu yang didesain guna menghasilkan nilai unik yang sangat tidak memungkinkan untuk diprediksi secara terbalik. Lebih jauh, fungsi hash adalah algoritma yang digunakan untuk mengubah data input menjadi hash value (nilai hash). Fungsi yang satu ini akan mengambil data input serta menghasilkan output yang konsisten dan unik yang mewakili data itu.

Dalam hal ini, fungsi hash mesti memberikan hasil yang sama untuk data input yang sama serta menghasilkan nilai yang berbeda bagi data input yang juga berbeda. Di lain sisi, nilai hash (hash value) adalah hasil output dari fungsi hash yang merupakan representasi numerik tetap dari data input. Perlu dipahami juga bahwa hash value mesti punya ukuran yang tetap tanpa mempedulikan ukuran data inputnya. 

Cara Kerja Hashing dan Fungsinya

Setelah mengetahui apa itu hashing, kini saatnya untuk memahami cara kerja hashing dan juga fungsinya.

Pada dasarnya, pemahaman ini penting sebab akan berdampak langsung terhadap penggunaan serta penerapan aplikasi, keamanan data, dan pengelolaan informasi secara umum.

Dengan pemahaman tersebut, nantinya akan diperoleh informasi yang lebih mendalam terkait mekanisme keamanan dan pengelolaan data dalam konteks aplikasi dan keamanan informasi.

Lantas, dari proses itu akan dihasilkan output. Adapun output yang dihasilkan ini akan selalu diperbaiki sehingga data terakhir yang sudah bertransformasi akan disebut sebagai hash. Lazimnya, pada saat ini, algoritma hashing banyak yang berbeda karena juga terdapat perbedaan pada cara pemrosesan informasinya.

Cara mengetahui type hashing

  • Mengetahui type hashing pada project web yang sudah anda download, ssebenarnya cukup mudah sekali, anda bisa cari dalam aplikasi config.php atau bisa juga dalam folder controller. silahkan buka satu persatu file php nya dan pasti akan menemukan type nya, seperti contoh di bawah ini yang saya temukan adalah hash type sha256

  • Nah jika sudah tau mengenai type hash yang digunakan untuk mengganti password pada phpmyadmin kita tinggal eksekusi saja dengan cara yang sudah sya share pada tutorial sebelumnya